BUMD Tuah Sekata Himbau Masyarakat Lebih Pro Aktif Membayar Tagihan Listrik.

Jumat, 26 April 2024

PELALAWAN _ (Bentengmelayu.com) Tunggakan listrik pelanggan BUMD Tuah Sekata mencapai angka 2 Miliyar lebih. Hal tersebut diungkapkan Dirut BUMD Tuah Sekata T.Efrysah Putra melalui Direktur Operasional Aswan SH . Jumat (26/4/2024) di kantor BUMD Tuah Sekata Pangkalan Kerinci.

Dengan menjadi pelanggan listrik tuah sekata milik Pemda Pelalawan ,dan membayar tagihan listrik tepat waktu berarti anda telah ikut berpartisipasi membantu pembangunan Pemda Pelalawan,,karena keuntungan yang diperoleh oleh tuah sekata ,,ada deviden yang  yang menjadi bagian Pemda Pelalawan

"Direktur Operasional BUMD Tuah Sekata Aswan SH menjelaskan tunggakan listrik masyarakat kepada BUMD tersebut rata-rata memiliki tunggakan hampir 3 bulan. Apabila masyarakat yang melakukan penunggakan sudah 3 bulan, tidak juga membayar, maka BUMD Tuah Sekata akan melakukan pemutusan arus listrik.

Pemutusan arus listrik masyarakat ini tentu dengan melalui mekanisme dan beberapa tahapan terlebih dahulu. Jadi tidak serta merta langsung dilakukan pemutusan tanpa adanya pemberitahuan. Sesuai dengan peraturan BUMD Tuah Sekata akan memalukan pemberitahuan sebanyak 3 kali kepada masyarakat. Pemberitahuan pertama yaitu dengan tenggang waktu selama 14 hari, dan akan berlanjut dengan berkala.

Apabila sampai pada pemberitahuan ketiga, konsumen tidak juga melakukan pembayaran maka BUMD Tuah Sekata akan melakukan pemutusan arus listrik masyarakat. Pemberitahuan kepada masyarakat ini tentu akan dilakukan kepada masyarakat dengan cara persuasif dan memberikan himbauan, supaya melakukan pembayaran listrik tepat waktu.

"Kita sebagai perusahaan plat merah, tentu akan tetap mengedepankan cara -cara persuasif kepada konsumen. Bahkan akan lebih mendahulukan sikap toleransi dan memberikan waktu untuk masyarakat melakukan pembayaran listrik yang tertunggak secepatnya".Ujar Aswan

Lebih lanjut Aswan menambahkan bahwa berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh BUMD Tuah Sekata. Rata-rata konsumen listrik BUMD Tuah yang sering melakukan penunggakan pembayaran listrik ada masyarakat yang tergolong menengah ke atas. Sedangkan masyarakat yang menengah kebawah lebih cenderung taat membayar tepat waktu.

"Kita tidak tahu ini, apa masalahnya masyarakat tersebut melakukan hal tersebut, bahkan kalau dilihat dari pemakaian listrik masyarakat , yang paling rutin membayar dan tidak pernah menunggak itu adalah masyarakat menengah kebawah, Jelas Aswan,"

Maka dari itu dihimbau kepada masyarakat pelanggan listrik BUMD Tuah Sekata agar lebih pro aktif dalam membayar listrik tepat waktu. Supaya tidak terjadi pemutusan arus listrik di rumah rumah masyarakat. Dari hasil listrik masyarakat ini, tentu masyarakat juga telah ikut berpartisipasi dalam membangun kemajuan daerah Kabupaten Pelalawan.

Selain itu BUMD Tuah Sekata juga telah bekerjasama dengan Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan pembayaran listrik BUMD. Jadi masyarakat cukup masuk melalui aplikasi Livin Mandiri untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. Supaya lebih menghemat waktu jarak.

Dalam Minggu depan akan dilakukan penagihan dengan mengerahkan sebanyak 19 orang menjadi 2 Tim ,,satu tim untuk wilayah pangkalan kerinci. Dan satu tim lagi untuk wilayah Pelalawan ,sering lalang kabung dan sp 7.

"Kita berharap dengan adanya kerjasama BUMD Tuah Sekata dengan Bank Mandiri melalui Aplikasi Livin Mandiri untuk pembayaran tagihan listrik, masyarakat akan terbantu dan memberikan kemudahan kepada masyarakat Pelalawan".Harap Aswan