Balai TNTN Bangun Sinergisitas Bersama Pemuda Pancasila Pelalawan dalam Menjaga Kawasan TNTN

Jumat, 21 Juni 2024

PELALAWAN _ (Bentengmelayu.com) Kepala Balai TNTN Kabupaten Pelalawan Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M menyambut baik kunjungan silaturahmi pengurus MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pelalawan. Jumat (21/6/2024) di kantor Balai TNTN KM 3 koridor RAPP.Heru mengungkapkan Balai TNTN terus menjalin sinergisitas dengan Instansi pemerintahan, swasta, Organisasi Masyarakat dan masyarakat adat dalam menjaga dan melindungi kawasan Taman Nasional Tesso Nilo(TNTN).

"Heru menambahkan kawasan hutan TNTN yang memiliki luas lebih kurang 81.793 Ha, sekarang ini hanya menyisakan sekitar delapan ribuan hektare kawasan hutan alami. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, hilangnya kawasan aset negara yang akan menjadi tempat berlindung dan tumbuhnya bermacam-macam flora dan fauna.

"Selain itu dikawasan hutan TNTN sampai sekarang ini masih hewan yang dilindungi seperti gajah liar sekitar 150 ekor. Begitu juga dengan hewan hewan liar lainnya seperti Harimau, beruang, tapir dan stawa liar lainnya.

Permasalahan yang terjadi dikawasan hutan TNTN sekarang ini adalah kurangnya komitmen untuk melindungi dan menjaga sebagai kawasan hutan lindung. Ditambah lagi dengan kondisi yang paling miris itu adalah, apabila terjadinya pelanggaran perambahan kawasan hutan TNTN, adanya upaya dari pihak-pihak tertentu untuk melindungi tersangka.

"Ini adalah aset kabupaten, dan harus kita selamat kan, jika tidak gajah gajah yang tersisa sekarang ini, akan terus berkeliaran masuk ke pemukiman dan akhirnya punah. Maka dari itu perlu dibangun semangat kebersamaan dan sinergisitas dengan berbagai pihak, untuk bersama sama menjaga dan melindungi aset negara sebagai hutan yang dilindungi".Jelas Heru

Kondisi yang sangat miris adalah sekitar 50 ribu hektare kawasan hutan sekarang sudah dirambah dan dijadikan sebagai lahan perkebunan. Tentu kondisi ini sangat memprihatinkan, bisa-bisa semakin hari kondisi ini semakin lebih parah dan menghabiskan seluruh kawasan untuk dijadikan lahan perkebunan.

"Harapan besar melalui terjalinnya kerjasama yang baik antara seluruh elemen dan Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Pelalawan ini. Dapat membantu mengawasi , menjaga dan melindungi kawasan hutan TNTN dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Kerjasama ini murni dilakukan dan benar-benar harus dilaksanakan untuk melindungi aset negara, dan memberikan perlindungan untuk kepentingan negara dan aset yang harus diselamatkan.Begitu juga dengan instansi pemerintah, pemerintah Desa dan pihak penegak hukum, Ormas dan masyarakat adat, diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik untuk saling memberikan support dalam melindungi kawasan TNTN sebagai aset Negar."Harap Heru

"Sementara itu Ketua MPC Pemuda Pancasila, yang diwakili oleh Waka I PP, Tarmizi Maskar,mengatakan Pemuda Pancasila siap menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan masyarakat dan balai TNTN dalam menjaga dan melindungi aset negara dan aset Kabupaten Pelalawan.

Selanjutnya,untuk bisa terlaksana kerjasama ini, tentu Pemuda Pancasila membutuhkan kekuatan dari balai TNTN,sebagai perlindungan operasional Pemuda pancasila dalam bertugas melindungi dan menjaga kawasan hutan lindung TNTN.Tutup Waka I PP Tarmizi Maskar .