APBD P 2024 Riau Masih Proses Evaluasi di Kemendagri

Jumat, 20 September 2024

Foto:kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Riau Indra SE.

RIAU _ (Bentengmelayu.com) Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Riau bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, telah menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan 2024. Saat ini, draf APBD Perubahan 2024 tersebut masih dalam proses evaluasi di Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau Indra SE mengatakan, dari hasil pembahasan bersama DPRD Riau, untuk nilai APBD P 2024 Provinsi Riau sebesar Rp1,1 triliun. 

"Untuk besaran APBD P 2024 Riau Rp1,1 triliun, saat ini masih proses evaluasi di Kemendagri," sebutnya, Jum'at (20/09/2024).

Indra juga mengatakan, bahwa batas akhir pengesahan APBD P adalah 30 September. Jika pengesahan APBD P tidak dilakukan sebelum tanggal tersebut, maka APBD P kabupaten/kota tidak ada dievaluasi oleh Pemprov Riau dan juga tidak akan difasilitasi oleh Kemendagri.

"Batas akhir pengesahan APBD P itu 30 September. Kalau lewat tanggal 30 maka tidak akan di evaluasi oleh Pemprov dan juga tidak difasilitasi oleh Kemendagri. Artinya tidak ada APBD P di daerah tersebut," katanya.

Sementara itu, untuk APBD murni 2025, menurutnya saat ini sedang dilakukan pembahasan antara TAPD dan Banggar DPRD Riau. Saat ditanyakan terkait besarannya, Indra belum dapat menjawab karena masih dalam proses pembahasan.

"Kalau untuk APBD murni 2025 masih dalam tahap pembahasan, besarannya belum tahu. Tapi yang jelas lebih rendah dari APBD 2024," ujarnya.