Ketua LAMR Pelalawan Angkat Bicara, Terkait Konflik Video Internal LLMB

Kamis, 27 Januari 2022

PELALAWAN- Terkait viralnya video ketua DPP LLMB Ismail Amir, yang di nilai kontraversi di tengah masyarakat Kabupaten Pelalawan, menuai kritikan dan tanggapan sejumlah kalangan.

Ketua Umum DPH LAMR Kab. Pelalawan Datuk Seri T. Zulmizan F. Assagaff, mengatakan melihat dari substansi persoalan ini merupakan persoalan internal Organisasi tidak perlu diumbar ke publik.

" Tapi  kok malah dibuat video yang lengkap dengan narasi dan diviralkan?" Itu yang dalam pepatah adat disebut dengan 'menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri'" ujar Zulmizan.

Namun meskipun demikian,
walaupun persoalan internal, sungguh tak sedap juga nama kampung awak disebut orang dengan konotasi yang merendahkan. Wajar banyak komponen masyarakat Pelalawan yang tersinggung.

"Apalagi bagi seorang yang menyebut dirinya sebagai 'Panglima Besar', seharusnya tahu mengedepankan adab dan adat dalam pola komunikasinya." Tambahnya.

Terkait dalam persoalan ini,
dalam waktu dekat pihak Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR) Pelalawan akan mengundang  seluruh pimpinan organisasi yang 'bermerk' laskar, hulubalang, penggawa, polisi adat dan sejenisnya, serta organisasi-organisasi yang membawa nama Melayu yang akhir-akhir ini cukup menjamur.

" Kita akan undang dalam waktu dekat untuk bermusyawarah, berbincang serta  menyambut baik eksistensi dan kiprah kawan-kawan tersebut, tetapi tentu ada hal-hal yang perlu ditekankan agar keberadaan mereka produktif, kontributif dan bermarwah, bukan malah sebaliknya. Karena mereka membawa nama Melayu." Tutupnya.***(by)