Kanal

Kapolres Pelalawan Sosialisasikan Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024

Pelalawan _ (Bentengmelayu.com) Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto sampaikan sosialisasi pengamanan tempat pemungutan suara Pemilu serentak 2024.Selasa(06/02/2024), di gedung Daerah Laksamana Mangku diraja, personil pengamanan TPS harus bersikap netral.

"Kapolres  AKBP Suwinto dalam amanatnya menyampaikan personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar senantiasa menjaga kesehatan. Tidak menutup kemungkinan pada saat pelaksanaan pemungutan suara akan berlangsung sampai malam hari. Maka dari itu pada hari dilakukan pengecekan kesehatan kepada setiap personel yang akan bertugas pengamanan pemungutan suara Pemilu.Diharapkan personel harus menjaga stamina dan kesehatan.

Selain itu Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto menekankan kepada seluruh personel pengamanan pemungutan suara  agar selalu membangun koordinasi dengan petugas medis.Adanya koordinasi yang bagus dengan tim medis, maka petugas medis bisa mengontrol kesehatan personel yang bertugas sebagai pengamanan pemungutan suara di TPS.

"Selain itu,Kapolres  juga menambahkan  agar setiap personel sudah harus mengetahui tugas dan peranan. Serta mengetahui langkah yang boleh dan tidak boleh dilakukan.Apabila ada permasalahan di TPS, petugas Polri tidak boleh masuk ke dalam lokasi TPS tanpa seizin dari KPPS. Selesaikan permasalahan yang ada di tingkat TPS agar tidak berlarut.

Kemudian personel yang bertugas pengamanan TPS juga diperintahkan agar melaporkan segala permasalahan secara berjenjang. Serta agar mengenali dan berkoordinasi dengan petugas lain yang terlibat di TPS. Hal itu diharapkan dapat memudahkan penanganan apabila terjadi permasalahan.

"Saya tegaskan kepada seluruh personel yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar selalu melakukan koordinasi berjenjang, baik dengan petugas KPPS, petugas medis untuk pengecekan kesehatan. Serta personel dilarang untuk masuk kedalam lokasi TPS tanpa seizin petugas KPPS. Apabila terjadi permasalahan di TPS, personel segera selesaikan permasalahan agar tidak berlarut ".Jelas Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto

Sedangkan untuk pengamanan seluruh tahapan Pemilu serentak 2024 ini, Polri akan selalu hadir memberikan rasa aman untuk pengamanan tahapan Pemilu. Dimana personel Polri mulai mendeteksi segala macam bentuk ancam terhadap proses berjalan Pemilu serentak. Kemudian melakukan  pengecekan dan mendeteksi tingkat kerawanan lokasi TPS dari ancaman bahaya bencana alam.

Berikutnya adalah pengamanan dan pengawalan distribusi logistik mulai dari gudang logistik hingga lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selanjutnya adalah pengamanan proses pemungutan suara yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.Polri akan memberikan pengamanan ketat sampai proses penghitungan surat suara Pemilu serentak 2024.

"Personel Polri dan TNI saat proses pendistribusian logistik KPU mulai dari gudang Logistik sampai ke tingkat kecamatan, desa, dan berakhir di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bahkan, setelah selesai proses pemungutan suara, maka akan kembali di kawal oleh pihak Kepolisian sampai nantinya ke KPU kembali".

Jumlah pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu serentak 2024,Polri akan menurunkan kekuatan personel  Polri sebanyak 474 pengamanan TPS di Kabupaten Pelalawan. Terdiri dari 365 personel Polres Pelalawan ditambah bantuan BKO Polda Riau sebanyak 109 personel yang akan bertugas pengamanan proses pemungutan suara di Kabupaten Pelalawan. Tutup Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER