Kanal

Sekretaris DPH Lembaga Adat Riau T. Efrisyah Putra Ucapan Tahniah Atas Penganugerahan Gelar Adat H. Muhammad Ali dari LAM Riau

RIAU _ (Bentengmelyu.com) Sekretaris DPH Lembaga Adat Riau T. Efrisyah Putra mengucapkan selamat dan tahniah kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Republik Indonesia, Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali, atas penganugerahan gelar adat sebagai Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dalam majelis penganugrahan gelar adat, Rabu (5/6/2024), di Balai Adat LAM Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

T. Efrisyah Putra ketika menghubungi awak media (BM) menyampaikan bahwa penabalan gelar Adat kepada Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali dinilai layak menerima gelar adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa, sebagai seorang pemimpin yang penuh dengan kilau cahaya kebaikan dan kemuliaan, memiliki kekuatan bagai air, menjulang dalam dapat menenggelamkan.Sekaligus, memiliki gelombang kekuatan yang besar, serta mampu pula menggunakan kedalaman dan kekuatannya untuk menjalankan kewajiban dan menjunjung kesetiaan kepada bangsa dan negara.

Pemberian gelar adat ini telah melalui kajian yang dilakukan tim penapis sebagai pertimbangan pemberian gelar diantaranya atas jasa dan kedekatannya kepada masyarakat Riau. Ketika menjabat sebagai mantan Danlanal Kota Dumai dan mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan berpusat di Tanjungpinang Kepulauan Riau.

Putra menambahkan Pemberian gelar Adat tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari peringatan hari lahir (Harlah) ke-54, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dengan hajat besar selama 4 hari, mulai dari 3 - 6 Juni 2024.

Dalam budaya Melayu, sebuah nama dan gelar akan termuat kisah, doa, harapan, dan bahkan kenangan. Oleh karenanya, segala nama dan gelar itu, dihubungkan dengan sesuatu yang baik dan mulia, dan berharap kebaikan dan kemuliaan tersebut, menjadi sesuatu yang nyata dalam kehidupan, menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain serta sejalan dengan amanah nama yang diembannya.

Setelah melalui proses penganugerahan adat, Tuan Laksamana TNI Dr H Muhammad Ali berhak menyandang Gelar Adat selama masa hidupnya dan berhak dipanggil dengan sapaan kehormatan Datuk Seri.Ujar Putra

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER